Untuk mengenalkan serta memasarkan jasanya, perpustakaan tidak cukup hanya membangun jasa informasi serta mengharap masyarakat akan begitu saja mendatangi perpustakaan-perpustakaan. Jumlah orang yang sekedar ingin tahu akan keberadaan perpustakaan sangat sedikit. Maka pustakawan perlu mengusahakan agar publisitas dapat diperoleh melalui berbagai bentuk serta keluaran sesuai dengan kemampuan keuangan.
Promosi merupakan forum pertukaran informasi antara organisasi dan konsumen dengan tujuan utama memberi informasi tentang produk atau jasa yang disediakan oleh organisasi, sekaligus membujuk konsumen untuk bereaksi terhadap produk atau jasa itu.
Usherwood mengatakan bahwa di dalam melaksanakan kegiatan promosi ada beberapa faktor yang harus diperhatikan. Faktor-faktor itu antara lain adalah:
- Motivasi pemakai: Di sini perlu dikaji apakah sebenarnya yang diinginkan oleh pemakai perpustakaan.
- Minat pemakai: Pengetahuan tentang minat pemakai akan membantu perpustakaan memberi informasi yang tepat kepada pengguna.
- Latar belakang: Latar belakang sosial, ekonomi, dan pendidikan pemakai akan sangat membantu jika dapat diketahui secara umum.
0 komentar:
Posting Komentar